Konstan Periode XX tahun 2020

Mahasiswa baru (maba) 2019 Program Studi Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu baru saja selesai melaksanakan kegiatan kaderisasi tahap pertama yaitu Konsolidasi Tanah (konstan) ke XX dengan mengangkat Tema “SATU DALAM CINTA, BERANI DALAM KARYA”.  Pengkaderan ini dilakukan untuk menjadi anggota biasa HIMITA FP KBM UNIB.

Sebelum dilakukannya konstan, peserta terlebih dahulu mengikuti pra-konstan selama 4 kali. Pada pra-konstan pertama peserta menerima pembekalan materi mengenai kehimitaan, keanggotaan dan pengenalan pengurus serta melakukan beberapa games. Pada hari kedua peserta melakukan kegiatan pengenalan dengan panitia konstan lalu dilanjutkan dengan pengenalan alat-alat survey dan dilanjutkan pengaplikasian alat-alat tersebut langsung ke lapangan. Pada pra-konstan ketiga, peserta diajarkan menegakkan tenda. Pada pra
konstan terakhir, peserta melakukan survey langsung ke lapangan dengan menerapkan ilmu ilmu yang telah didapat dari pra-konstan sebelumnya. Peserta sempat melewati lahan gambut yang berada di sekitar Universitas Bengkulu.

14 Februari 2020, pembukaan konstan periode XX yg dilakukan di Parkiran Lab Ilmu Tanah yang dihadiri oleh Wakil Dekan Fakultas Pertanian, Ketua Prodi Ilmu Tanah, dosen-dosen ilmu tanah, ormawa selingkup Fakultas Pertanian, keluarga besar HIMITA dan peserta Konstan periode XX. Setelah melakukan pembukaan peserta berangkat menuju Tahura menggunakan bis UNIB. Saat sampai di tahura peserta melakukan survey langsung dengan mengandalkan alat survey dan pembekalan yang telah mereka dapat di prakonstan sebelumnya untuk menentukan jalan menuju lapangan utama (tenda). Saat telah sampai di lapangan utama, peserta mulai menegakkan tenda. Saat malam hari, peserta mendapat materi mengenai kehimitaan yg diisi oleh Pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah.

15 Februari, peserta melakukan survey kembali menjelajahi Tahura sesuai dengan peta yang diberikan dan mengambil beberapa sampel. Lalu dilanjutkan dengan Ishoma dan evaluasi mengenai perjalanan yang baru saja ditempuh peserta. Pada malam hari, peserta dikumpulkan di tenda utama untuk melakukan kegiatan sharing bersama senior dan alumni HIMITA FP UNIB.

16 Februari, peserta mengelilingi api unggun dan pendinginan. Lalu dilakukan penutupan kegiatan Konstan periode XX dan pengukuhan kepada Mahasiswa Baru Ilmu Tanah 2019 yang telah mengikuti pengkaderan tahap pertama. Selanjutnya peserta membersihkan diri dan membenah tenda. Saat siang hari, panitia menyiapkan makan bersama yang diikuti oleh senior, pengurus, panitia dan peserta. Pukul 16.00 WIB peserta pulang menuju Lab Ilmu Tanah, Universitas Bengkulu.

Selamat kepada Peserta Konstan yang telah mengikuti Pengkaderisasian Tahap Pertama selanjutnya mereka akan mengikuti tahap pengkaderan kedua dan ketiga yaitu PMO (Pelatihan Manajemen Organisasi) dan SSS (Soil Science Social).