Mahasiswa Ilmu Tanah Raih Peringkat Pertama pada Lomba Karya Tulis Ilmiah se- Sumatera

Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diadakan oleh Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu dengan tema “Tantangan dan Solusi Inovatif dalam memecahkan Permasalahan Bangsa Guna Mewujudkan Yang Adil dan Maju” dimenangkan oleh TIM dari Fakultas Pertanian. Salah satu dari anggota tim yang menang ini adalah Prika Susanto Ilmu Tanah angkatan 2018. Dalam lomba ini tim dari Fakultas Pertanian mengangkat tema mengenai bahan pangan alternatif dari biji karet.

Karya tulis yang dibawakan tim Fakultas Pertanian berjudul Penurunan Kadar Asam Sianida Biji Karet (Hevea brasilliensis) sebagai bahan pangan alternative menggunakan teknologi BIOLA (Bioreduction Of Lactic acid Bacteria). Topik ini diangkat karena biji karet mempunyai peluang untuk dieksplorasi sebagai bahan pangan alternatif karena kandungan proteinnya yang tinggi. Namun karena kandungan zat anti nutrisi yaitu hidrogen sianida (HCN) yang cukup tinggi dan dapat menyebabkan keracunan, maka harus diolah terlebih dahulu agar aman dikonsumsi.

Lomba karya tulis Ilmiah se-Sumatera yang diadakan oleh Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berlangsung pada tanggal 13-14 November 2014 di Universitas Bengkulu Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan lomba karya tulis ilmiah ini berjumlah 12 tim dari berbagai universitas, antara lain : Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Riau, Universitas Teuku Umar dan Universitas Sriwijaya.

Dalam Lomba ini Fakultas Pertanian diwakili oleh tim dengan nama masing-masing anggota : Prika Susanto (Ilmu Tanah) 2018, M. Alriansyah Idris (Teknologi Industri Pertanian) 2018, dan Deki Haryanto (Teknologi Industri Pertanian) 2015. (adw)