PERNAS Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah

Fokushimiti merupakan Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia yang didirikan tepat 30 tahun yang lalu 12 November 1989 melalui Deklarasi Kaliurang di Yogyakarta. Forum ini lahir dengan kesepakatan dari 15 Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah di Indonesia sebagai wadah untuk menjalin, membina serta mengembangkan komunikasi dan kerjasama antar Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia.

Kegiatan  rutin yang selalu dilaksanakan setiap 2 tahunnya yaitu Pertemuan Nasional “PERNAS” dengan agenda wajib Sidang dan Musyawarah Kerja “MUKERNAS”. Tahun ini Pernas diadakan di Yogyakarta dengan tema  PULANG , “ setelah 30 tahun  tumbuh dan berkeliling Indonesia akhirnya Fokushimiti pulang ketempat ke tempat ia dilahirkan” ujar Sekjend Fokushimiti yang mengusung tema PULANG dengan dihadiri 28 Universitas di Indonesia dengan kurang lebih 300 peserta.

Selain itu diandakan juga acara Seminar Nasional yang bertemakan “ Peranan Tanah dalam Berbagai Aspek Pemanfaatan” dengan pembicara yang luar biasa yaitu Aslinda, S.P ( Assisten Manajer Revegetasi PT. Bukit Asam Tbk), Dr.Ir. Senthot Sudirman, M.S. ( Ketua STPN Yogyakarta), Dr. Raditya Jati, S.Si., M.Si ( Direktur Pengurangan Risiko Bencana BNPB) dan Eka Tarwaca Susila Putra, S.P., M.P., Ph.D ( Kepala Unit Produksi PT. Pagilaran)  yang diadakan di Auditorium Hardjono Danoesastro, Fakultas Pertanian, Universitas Gajah Mada.

Sidang dan MUKERNAS diadakan selama 4 hari di aula Hotel Nugraha dengan beragendakan evaluasi kepengurusan BPO dan Sekretaris Jendral beserta jajarannya selama 2 tahun, pemilihan dan penetapan  KORWIL ( Koordinator Wilayah) BPO (Badan Pengawas Organisasi) dan Sekretaris Jendral serta jajarannya, dan pemilihan dan penetapan kegiatan nasional.

Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Universitas Bengkulu kembali mengibarkan sayapnya di kancah nasional dengan terpilihnya Yestisia Sasri Gultom sebagai Pimpinan Rapat selama persidangan, terpilihnya Hendrawan Zulfi Khamizon sebagai BPO Fokushimiti dan Revita Hermayani sebagai Bendahara Umum Fokushimiti.

Dengan ini diharapkan Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah (HIMITA) Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu tetap aktif dalam setiap kegiatan Nasional yang diadakan agar tetap terjalin kekeluargaan antar mahasiswa ilmu tanah se Indonesia. (Inda)

VIVA SOIL, SOIL SOLID