Selayang Pandang Program Studi Ilmu Tanah

Dalam melaksanakan kegiatan pembangunan Indonesia  dan bercocok tanam,  tanah merupakan komponen yang sangat penting untuk masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia dominan menggunakan tanah sebagai media bercocok tanam meskipun bukan satu – satunya media dalam bercocok tanam. Untuk menunjang keberlangsungan kegiatan tersebut maka terdapat kriteria tanah yang baik digunakan dalam melakukan kegiatan pertanian dan pembangunan tersebut sehingga output atau hasil yang diinginkan dapat tercapai. Maka dari itu dalam melakukan suatu kegiatan pertanian diperlukan analisis tanah baik dari sifat fisik, kimia maupun biologi tanah tersebut.

Dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan keahlian di bidang pertanian, serta semakin bertambahnya kuantitas dan kualifikasi sumberdaya dosen, Fakultas Pertanian membuka Prodi IlmuTanah berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor 2055/D2/1995 Tanggal 22 Juli 1995. Program Studi Ilmu Tanah ini merupakan salah satu Program Studi yang terdapat di Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu

Program Studi Ilmu Tanah  memiliki fasilitas laboratorium tanah untuk menganalisis tanah  guna mendukung penelitian dan tempat keberlangsungan praktikum selama masa perkuliahan. Telah banyak penelitian yang dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Tanah UNIB ini. Laboraturium ini memiliki alat dan bahan yang lengkap, di belakang laboraturium juga terdapat bak kompos dan vermikompos serta rumah kawat yang digunakan untuk mengering anginkan tanah  dan melakukan kegiatan pembibitan.. Fasilitas dari laboraturium ilmu tanah ini juga dilengkapi dengan ruangan praktikum mahasiswa, wifi yang memiliki sinyal yang begitu cepat dan tempat duduk serta meja dibagian teras untuk memberikan daya tarik kepada mahasiswa untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan di sana.